GIAT RAPAT TIM PORA DAN OPERASI GABUNGAN TIM PORA KABUPATEN PURWAKARTA

PURWAKARTA, Pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 pukul 09.00 Wib bertempat di Aula Prime Plaza Hotel KBI Kab. Purwakarta telah dilaksanakan kegiatan rapat dan operasi gabungan Tim Pora Kab. Purwakarta dengan penanggungjawab dan Ketua Tim Pelaksana Bpk. Petrus Teguh Aprianto (Kepala Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Karawang), hadir dalam rapat ini antara lain :  Yayan Indriana (Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat),  Gatot Setiawan (Kabid intel Imigrasi Jabar),  Petrus Teguh Aprianto (Kepala Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Karawang), Yus Djunaedi Rusli, S.STP., M.Si (Kaban Kesbangpol Purwakarta/sekertaris Tim Pora Purwakarta)  Bambang Widiya Atmoko, SH, MH (Kasi Wasnas Dan Konflik Kesbangpol),  Letda Kav (Dan Unit Intel Kodim 0619/Pwk)  Febriyanto Ary Kustiawan, SH, M. Si (Kasi Intel Kejari Pwk),  IPDA Hevi Hendra Gunawan (Kanit IV Sat Intelkam Polres Purwakarta) beserta anggota Unit IV Kamneg, Ari Wibowo (Perwakilan Disnaker Purwakarta), Usin (Kasubid Penindakan Imigrasi Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat), Ujang (Pengelola Kepegawaian Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta), Unsur Intel Kodim 0619/Pwk, Unsur Imigrasi Kelas I Non TPI Krwg, Unsur Staf Wasnas dan Konflik Kesbangpol. 

Dalam laporannya Ketua Tim Pora Imigrasi Karawang Bpk. Joni Silitonga menyampaikan beberapa point penting dari Tim Pora ini antara lain  “Pembentukan Tim Pora ini terbentuk pada bulan Februari 2023 dengan ketua Tim Pora Kepala Imigrasi Karawang, Sekertaris Tim Pora Kaban Kesbang Pol Purwakarta dan 18 anggota,  Untuk Jumlah WNA yang ada di Kab. Purwakarta per bulan september 2023, untuk Ijin tinggal di Purwakarta ini per September dengan rincian antara lain Ijin Kunjungan sebanyak 48 org, Ijin Tinggal Terbatas sebanyak 1.601 orang dan Ijin Tinggal Tetap sebanyak 121 orang” ucapnya.

Yayan Indriana (Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat) dalam sambutannya mengatakan bahwa “ Kebijakan saat ini khususnya pada covid kita tidak banyak melaksanakan kegiatan baik dari dinas maupun WNA sendiri.  Kegiatan operasi ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dengan tujuan manfaat orang asing ini bagi negara. Pembentukan TIM PORA dimaksudkan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Wilayah Indonesia. Ketika ada orang asing yang tidak bermanfaat di Wilayah Kab. Purwakarta keluarkan saja.  Untuk Tim Pora (TNI, Polri,  Kejaksaan, Kesbangpol & Disnaker) di wilayah silahkan bergerak/bersinergi sesuai dengan regulasinya. Diharapkan operasi gabungan ini lebih humanis, akurat dan terukur dalam melaksanakan kegiatannya,  tentunya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku”ujar Yayan.

Rapat tersebut dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan inspeksi mendadak kaitan pemeriksaan orang asing ke PT Hino dan PT. Sulzer. ( yn ) 

Postingan Lainnya